Apa Itu Exposure Dalam Fotografi?

Apa Itu Exposure Dalam Fotografi? - Halo Sobat Carasasaja, Pada Artikel yang sobat baca kali ini dengan judul Apa Itu Exposure Dalam Fotografi?, saya telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk sobat baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi artikel atau postingan Artikel News, Artikel Tips, yang saya tulis ini dapat sobat pahami. baiklah, selamat membaca.


Judul : Apa Itu Exposure Dalam Fotografi?
link : Apa Itu Exposure Dalam Fotografi?

Baca juga


Apa Itu Exposure Dalam Fotografi?

INFO-DSLR - Apa itu Exposure Dalam Fotografi? Dalam dunia fotografi exposure ialah jumlah cahaya yang diterima oleh sensor dalam kamera kita dalam suatu pengambilan gambar. Jika paparan cahaya yang diterima kamera kita terlalu banyak maka hasil foto yang kita dapatkan akan menjadi terlalu terang, dalam dunia fotografi disebut over exposure. Begitu juga sebaliknya, kalau jumlah cahaya yang diterima oleh kamera kita sedikit maka hasil gambar yang kita dapatkan akan menjadi terlalu gelap (Under Exposure).

 Dalam dunia fotografi exposure ialah jumlah cahaya yang diterima oleh sensor dalam kamer Apa itu Exposure Dalam Fotografi?
Ilustration

Dalam arif balig cukup akal ini hampir semua kamera digital sudah dilengkapi dengan pengukur cahaya yang berfungsi mengatur paparan cahaya/exposure secara otomatis untuk memperoleh hasil yang optimal.

Mungkin kebanyakan dari kita hanya sering memakai settingan otomatis pada bab exposure'nya, padahal kalau kita mengetahui cara mensetting yang baik maka kita akan mendapat hasil gambar yang lebih unik dan lebih kreatif daripada memakai settingan exposure secara otomatis.

Dalam mengatur exposure dalam kamera ada dua macam kontrol utama yang mempengaruhinya. Pertama ialah kecepatan bukaan rana atau dalam fotografi disebut Shutter Speed yang memiliki fungsi sebagai penentu lamanya waktu sensor terkena cahaya. Dan yang kedua ialah besarnya bukaan rana / aperture yang mensugesti besar kecilnya lubang rana tersebut terbuka. KOmbinasi dari kedua settingan tersebutlah yang menentukan hasil exposure. Kecepatan bukaan rana diukur dalam detik, hanya saja dalam penyebutannya notasinya dituliskan seperberapa detik. Misalnya kalau kita ingin sangat cepat maka kita sanggup menentukan 1/2000 detik atau kalau kita ingin sangat lambat kita sanggup mengaturnya 8 detik. Sedangkan bukaan rana diukur dalam f/nilai. Misalnya f/1.8 maka berrarti aperture besar dan kalau f/22 maka aperture sangat kecil.

Shutter speed selain menentukan cepat lambnatnya bukaan rana juga memiliki imbas lain bagi foto yang dihasilkannya. Semakin cepat shutter speed, maka foto yang dihasilkannya pun semakin keras (efek freezing menjadi semakin kelookan). Sedangkan kalau aperture memiliki imbas lebar sempitnya bidang fokus atau biasa disebut depth of field /DOF. Semakin besar aperture maka akan semakin sempit bidang fokus. Dan begitu juga sebaliknya, semakin kecil aperture maka semakin lebar bidang fokusnya.

Mungkin itu saja yang sanggup aku sampaikan ihwal apa itu exposure dalam fotografi. Semoga karya tulis yang aku buat ini sanggup bermanfaat bagi kita semua khusunya bagi kita yang sedanng berguru fotografi.
Sumber http://info-dslr.blogspot.com

Sekian Artikel Apa Itu Exposure Dalam Fotografi?

Sampailah kita pada akhir artikel Apa Itu Exposure Dalam Fotografi? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk sobat semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
sobat sekarang membaca artikel Apa Itu Exposure Dalam Fotografi? dengan alamat link https://carasasaja.blogspot.com/2018/05/apa-itu-exposure-dalam-fotografi.html

Comments