4 Cara Mengatasi Force Close Pada Aplikasi Android

4 Cara Mengatasi Force Close Pada Aplikasi Android - Halo Sobat Carasasaja, Pada Artikel yang sobat baca kali ini dengan judul 4 Cara Mengatasi Force Close Pada Aplikasi Android, saya telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk sobat baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi artikel atau postingan Artikel Android, Artikel Sosial & Messenger, Artikel Telah Berhenti, Artikel Tidak Bisa Dibuka, Artikel Tips & Trik, yang saya tulis ini dapat sobat pahami. baiklah, selamat membaca.


Judul : 4 Cara Mengatasi Force Close Pada Aplikasi Android
link : 4 Cara Mengatasi Force Close Pada Aplikasi Android

Baca juga


4 Cara Mengatasi Force Close Pada Aplikasi Android

NGAWI DIAN – Tips Jitu Mengatasi Force Close Pada Aplikasi Android Mudah dan Cepat. Masalah mengenai Force Close pada aplikasi Android memang sering di alami oleh para pengguna smartphone android, utamanya adalah smartphone dengan spesifikasi kelas bawah. Aplikasi yang tertutup secara tiba – tiba atau force close tiba – tiba memang membuat para pengguna merasa galau dan bingung. Disaat seru – serunya melakukan multitasking di atas layar seperti bermain game, membuka sosmed, chatting, atau apapun itu tiba – tiba aplikasi macet dan menutup dengan sendiri. Sangat menyedihkan bukan!

Force Close Aplikasi Android

Baca Juga :

Masalah mengenai force close aplikasi memang bisa terjadi pada semua perangkat Android seperti Samsung, OPPO, Lenovo, Asus Zenfone, Xiaomi, HTC, LG, Motorola, Huawei, Sony, Smarfren, Advan, Axioo, Evercoss, LUNA, Panasonic, Infinix, Meizu, OnePlus, dan lainnya. Dan biasanya, setiap perangkat Android memiliki pesan error yang berbeda – beda, mungkin karena RAM Penuh, Muncul Pop Up “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti”, dan lainnya. Berikut anda simak beberapa Penyebab Yang Membuat Aplikasi Force Close Tiba – Tiba.

  • RAM Android Penuh. Kapasitas RAM yang kecil pastinya bisa menjadi penyebab Aplikasi sering terjadi error, macet, dan juga force close. Banyaknya aplikasi yang berjalan di background membuat RAM tidak mampu menampung semua aplikasi yang ada. Seperti misalnya, RAM di atas 1 GB atau 512 MB menjalankan aplikasi lebih dari 5 Aplikasi, dan semuanya adalah Aplikasi Sosial Media maka dapat di pastikan pasti terjadi Macet atau LAG.
  • Tumpukan File Cache Yang Berlebihan. File cache atau file sampah yang menumpuk terlalu banyak dapat membuat memori internal kelebihan kapasitas. Dan hal tersebut berdampak pada semua aplikasi Android, terutama pada aplikasi yang sering dibuka dan digunakan. Tumpukan file cache harus di hapus secara rutin, minimal seminggu sekali untuk menjaga kondisi memori tetap lega dan fresh.
  • Terjadi Kerusakan Pada Aplikasi. Aplikasi yang rusak atau error pastinya sering terjadi Force Close. Walaupun data aplikasi sudah di bersihkan, namun nyatakan aplikasi tersebut tetap bermasalah dan tidak bisa digunakan. Hal ini sering di alami oleh para pengguna Android. Solusinya adalah dengan menghapus dan menggantinya dengan yang baru.
  • Dan lainnya.

Cara Mengatasi Force Close Aplikasi

Setelah mengetahui beberapa penyebab diatas, langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan yakni solusi atau merujuk pada masalah yang ada. Kali ini saya akan berbagi beberapa metode dalam Mengatasi Masalah Pada Aplikasi Android, baik itu force close, Berhenti Tiba – Tiba, macet, atau yang lainnya. Untuk lebih jelasnya, langsung saja anda simak Metode Mengatasi Masalah Pada Aplikasi Android berikut ini.

Metode 1 : Bersihkan File Sampah

Metode pertama yang bisa anda coba yakni membersihkan file cache atau file sampah yang penumpuk pada smartphone Android anda. File sampah yang berlebihan membuat kinerja smartphone melambat. Dan pastinya juga berpengaruh pada Aplikasi Android. File cache memiliki efek positif, namun di sisi lain file cache yang terlalu banyak membuat aplikasi error dan force close tiba – tiba. Solusinya anda menghapusnya, ada banyak aplikasi cleaner yang bisa anda gunakan secara gratis. Untuk cara manual, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache Aplikasi

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan  » Manajemen Aplikasi  » Cari “Nama Aplikasi”  » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 2 : Hentikan dan Hapus Data Aplikasi

Metode kedua yang perlu anda lakukan adalah menghentikan dan menghapus data pada aplikasi yang terjadi force close tersebut. Menghapus data aplikasi akan membersihkan file atau data yang bersifat sementara pada aplikasi tersebut seperti basis data, data login, cache, history, bookmark, dan lainnya. Untuk menghentikan aplikasi secara paksa dan menghapus data aplikasi tersebut, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Aplikasi Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan  » Manajemen Aplikasi  » Semua » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 3 : Hapus Aplikasi Android

Selanjutnya, metode ketiga yang bisa anda lakukan yakni menghapus aplikasi Android. Cara ini anda lakukan apabila aplikasi tersebut memang sulit teratasi. Setelah menghapus aplikasi, anda juga harus membersihkan file sampah, melakukan restart, dan selanjutnya barulah anda mengunduh dan menginstall aplikasi yang baru. Untuk menghapus aplikasi Android, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Menghapus Aplikasi Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan  » Manajemen Aplikasi  » Cari “Nama Aplikasi”  » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 4 : Factory Reset Android

Metode keempat yang bisa anda coba adalah Factory Reset. Cara ini sebenarnya sangat beresiko, namun ini bisa menjadi andalan jika memang terpaksa dan anda tidak bisa melakukan apa – apa lagi. Sebelum melakukan Factory reset, pastikan anda telah melakukan backup pada semua data atau file yang anda miliki. Copy semua data anda pada komputer atau laptop. Untuk factory reset, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Reset HP Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan  » Buat Cadangan dan Reset  » Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Itulah sedikit ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Aplikasi Android Yang Berhenti Tiba – Tiba. Tips – Tips yang saya berikan memang tidak bisa dikatakan berhasil 100%, namun setidaknya anda coba terlebih dahulu dan lihat hasilnya nanti. Adapun jika anda masih merasa bingung, anda bisa tanya melalui chat facebook NGAWI DIAN atau langsung bawa ke Service Center.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Force Close Pada Aplikasi Di Smartphone Dan Tablet Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Sekian Artikel 4 Cara Mengatasi Force Close Pada Aplikasi Android

Sampailah kita pada akhir artikel 4 Cara Mengatasi Force Close Pada Aplikasi Android kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk sobat semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
sobat sekarang membaca artikel 4 Cara Mengatasi Force Close Pada Aplikasi Android dengan alamat link https://carasasaja.blogspot.com/2017/03/4-cara-mengatasi-force-close-pada.html

Comments