Bisakah HP 3G Menjadi 4G? - Yuk Bahas

Bisakah HP 3G Menjadi 4G? - Yuk Bahas - Halo Sobat Carasasaja, Pada Artikel yang sobat baca kali ini dengan judul Bisakah HP 3G Menjadi 4G? - Yuk Bahas, saya telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk sobat baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi artikel atau postingan Artikel Android, yang saya tulis ini dapat sobat pahami. baiklah, selamat membaca.


Judul : Bisakah HP 3G Menjadi 4G? - Yuk Bahas
link : Bisakah HP 3G Menjadi 4G? - Yuk Bahas

Baca juga


Bisakah HP 3G Menjadi 4G? - Yuk Bahas

Bisakah Jaringan 3G diubah ke jaringan 4G? Ini yang biasa ditanyakan orang-orang yang mungkin masih awam di dunia Android.. Bahkan, tidak sedikit orang yang mencari di Google seperti "Aplikasi 4G" "Download 4G"  "Aplikasi jaringan 4G" dan masih banyak lagi..

Wajar tapi yah, namanya juga masih awam.. Saya sendiri juga dulu suka nyari-nyari di Google, aplikasi tambah ram laptop dan sejenisnya, haha..

Balik ke pembahasan.. Apakah HP 3G bisa diubah ke 4G?


Apakah 3G bisa diubah jadi 4G


Jawabannya tidak bisa.. Setidaknya untuk saat ini.

Alasannya :

Di dalam HP, terdapat beragam komponen-komponen. Seperti chip processor, GPU, camera dan sebagainya.. Termasuk komponen jaringan.. yang tentunya berbeda-beda tergantung merk dan tipe HP.


Jadi...

Kalau Anda membaca artikel cara mengubah 3G jadi 4G, bisa dipastikan itu palsu. Karena saya sendiri waktu searching pun belum pernah menemukan web yang membahas secara gamblang cara mengubah 3G ke 4G..

Rata-rata hanya membahas cara setting HP 3G ke 4G..

Ini juga termasuk aplikasi-aplikasi '4G' di Android yang KATANYA bisa merubah jaringan 3G ke 4G.. Padahal tidak. Paling hanya semacam optimizer saja (Itupun saya masih ragu apakah berfungsi atau tidak) 😄

Tapi Anda juga harus tahu, bahwa tidak semua HP 4G bisa mencicipi jaringan 4G kalau belum memenuhi persyaratan berikut :



Syarat supaya HP bisa 4G

 

HP harus sudah mendukung jaringan 4G

 

Seperti yang tadi saya bilang, pertama, HP Anda tentu harus mendukung jaringan 4G. HP Android, terutama keluaran lama (2014 kebawah) itu kebanyakan baru support 3G. Kecuali kalau Anda pada saat itu, beli HPnya jenis high-end atau flagship.. Mungkin HP Anda sudah support 4G..


Cara HP cek sudah 4G atau belum sebenarnya simpel..

1. Coba cek spek HP Anda lewat dusbook yang sudah 1 paket dalam pembelian. Disitu biasanya tertera frekuensi jaringan HP. Kalau tercantum 4G LTE, itu artinya HP Anda sudah support 4G.

2. Coba kunjungi situs gsmarena.com, lalu cari merk, seri dan tipe HP Anda secara lengkap. Kalau sudah ketemu, cek pada bagian jaringan (Network).. Kalau sudah tertera 4G LTE, berarti HP Anda sudah support 4G..


Spek HP


Kartu SIM harus sudah mendukung 4G

 

Di tahun 2014 kebawah dimana jaringan 4G belum merata, kebanyakan kartu perdana yang beredar di masyarakat itu masih belum mendukung 4G. Rata-rata kartu perdana pada tahun-tahun tersebut maksimal hanya mendukung jaringan 3G HSPA+..

Solusinya, Anda harus mengganti kartu perdana Anda ke yang sudah mendukung jaringan 4G. Anda bisa membeli kartu baru..

..Atau melakukan upgrade kartu 4G di gerai operator terdekat di kota Anda. Gratis kok, malah kadang suka dikasih bonus kuota sampai puluhan GB.


Daerah Anda harus sudah tercover 4G

 

Pembangunan daerah di Indonesia, memang masih banyak yang belum merata. Termasuk juga pembangunan jaringan.

Jaringan 4G, di Indonesia sendiri sekarang sudah lebih banyak tersebar jika dibandingkan dengan 4 tahun ke belakang. Walau begitu, masih banyak juga daerah-daerah tertentu yang belum tercover jaringan 4G.

Contohnya daerah-daerah kabupaten atau daerah pelosok.

Solusinya... 

..Paling hanya pindah tempat.

Atau Anda juga bisa melakukan tes operator di daerah Anda. Couverage Area jaringan 4G pada setiap operator itu berbeda-beda. Coba ganti operator jaringan satu persatu, barangkali salah satu sudah mendukung 4G.

Rekomendasi saya telkomsel.. Jaringannya sudah sangat merata dan kuat di banyak daerah di Indonesia.


HP harus sudah mendukung frekuensi jaringan 4G Indonesia

 

Bagi Anda yang barangkali yang mau bawa HP dari luar, dalam beberapa kasus mungkin HP tersebut 4Gnya tidak berfungsi. Ini disebabkan karena frekuensi jaringan yang digunakan HP tersebut bisa saja berbeda dengan frekuensi umum jaringan 4G yang dipakai di Indonesia.

Akibatnya, sinyal 4G jadi tidak terdeteksi sekalipun Anda sudah memenuhi syarat-syarat sebelumnya.

Khusus untuk HP-HP Xiaomi.. Rata-rata sebenarnya sudah mendukung sinyal 4G. Tapi dikarenakan aturan TKDN dari pemerintah, kebanyakan HP tersebut disembunyikan fitur 4Gnya. Ini banyak terjadi di HP Xiaomi lama (Contohnya : Redmi 3 Pro).


Kesimpulan..

 

Kesimpulannya, HP 3G tidak bisa diubah jadi 4G. HP-HP 4G pun tidak semuanya bisa mencicipi jaringan 4G kecuali sudah memenuhi syarat-syarat yang telah saya bahas sebelumnya. Jadi, kalau Anda menemukan artikel atau aplikasi untuk mengubah 3G ke 4G, jangan dipercaya.

Gak ngefek sama sekali..


Penutup...

 

Buat saya, HP dengan jaringan 4G itu wajib. Kecepatan jaringan yang berkali-kali lipat jauh lebih cepat dibanding jaringan 3G menjadi alasan saya lebih suka memakai 4G.

Dari segi biayapun begitu.. Kuantitas kuota yang diberikan operator pada jaringan 4G, biasanya 2 hingga 4 kalil lipat ekstra lebih banyak. Sehingga kita bisa melakukan penghematan dalam jangka waktu yang panjang.

Maka dari itu, ga rugi sama sekali kalau Anda ingin mempertimbangkan untuk mengganti HP lama Anda ke HP yang baru dan sudah support 4G. Apalagi HP Android sekarang sudah murah-murah. 700 - 800 ribuan pun Anda sudah dapat HP dengan sinyal 4G..

Kalau Anda beruntung, Bahkan Anda bisa saja mendapat HP Android dengan jaringan 4G dengan harga 450 ribuan (second).. Lumayan kan?

Semoga bermanfaat.


Sekian Artikel Bisakah HP 3G Menjadi 4G? - Yuk Bahas

Sampailah kita pada akhir artikel Bisakah HP 3G Menjadi 4G? - Yuk Bahas kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk sobat semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
sobat sekarang membaca artikel Bisakah HP 3G Menjadi 4G? - Yuk Bahas dengan alamat link https://carasasaja.blogspot.com/2018/04/bisakah-hp-3g-menjadi-4g-yuk-bahas.html

Comments