6 Cara Mengatasi "Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" di Android

6 Cara Mengatasi "Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" di Android - Halo Sobat Carasasaja, Pada Artikel yang sobat baca kali ini dengan judul 6 Cara Mengatasi "Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" di Android, saya telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk sobat baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi artikel atau postingan Artikel Android, Artikel Telah Berhenti, Artikel Tidak Cukup Ruang, Artikel Tips & Trik, yang saya tulis ini dapat sobat pahami. baiklah, selamat membaca.


Judul : 6 Cara Mengatasi "Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" di Android
link : 6 Cara Mengatasi "Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" di Android

Baca juga


6 Cara Mengatasi "Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" di Android

NGAWI DIAN – Cara Mengatasi "Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" Android. Tidak cukup ruang pada perangkat biasanya terjadi pada ponsel android dengan memori Internal yang terlalu kecil. Hal ini bisa terjadi pada semua perangkat android mulai dari Samsung, Oppo, Asus Zenfone, Sony Xperia, LG, Smartfren Andromax, Lenovo, Evercross dan lainnya. Tidak cukup ruang bukan berarti anda harus beli Android baru dengan memori internal yang lebih besar, tetapi ada cara lain agar anda bisa mengintall aplikasi android dan tidak terjadi masalah "Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat".

Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat Android

Baca Juga : 

Mengatasi Masalah “Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat” Android

Penyebab terjadinya masalah tidak cukup ruang pada perangkat itu muncul, mungkin dikarenakan Terlalu Banyak Aplikasi Yang Terinstall pada ponsel android sehingga membuat memori internal anda penuh, atau mungkin anda Tidak Pernah Menghapus Cache Android sehingga terjadi penumpukan yang sangat banyak sampai menguras Memori internal android. Aplikasi yang sering membuat cache yang banyak biasanya dari Sosial Media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan BBM. Jadi, apabila anda tidak pernah menghapus cache android, sebaiknya lakukan penghapusan agar tidak terjadi penumpukan yang berlebihan. Menghapus cache bisa dilakukan secara manual atau menggunakan aplikasi tambahan seperti Clean Master.

1. Hapus Pesan Masuk (SMS)

Hal paling sederhana pertama yang bisa anda coba yakni membersihkan pesan masuk atau Inbox. Hal ini anda lakukan tidak hanya pada aplikasi pesan saja, tetapi bisa juga pada aplikasi lain seperti BBM, LINE, WhatsApp, Hangout, dan lainnya. Dengan melakukan hal tersebut, setidaknya memori Internal bisa jauh lebih baik.

2. Hapus File Cache Android

Selanjutnya untuk yang kedua, anda bisa membersihkan cache pada sistem dan aplikasi Android. Anda bisa gunakan aplikasi Cleaner untuk membersihkan file sampah dengan cepat hanya dengan satu kali klik. Atau anda bisa melakukannya secara manual langsung dari pengaturan Android. Dan untuk menghapus cache secara manual, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache Aplikasi

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan  » Manajemen Aplikasi  » Semua » Cari aplikasi “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

3. Pindahkan Aplikasi Ke MicroSD

Dan untuk yang ketiga, anda bisa memindahkan sebagian aplikasi ke SD Card atau Memori Eksternal. Sebagai catatan, sebelum anda melakukan cara ini, pastikan anda telah memasang memori eksternal dengan kapasitas yang cukup besar, minimal 4 GB agar cukup menyimpan banyak data dan file aplikasi. Dan untuk memindahkan aplikasi, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan  » Manajemen Aplikasi  » Diinstall » Cari “Nama Aplikasi”  » Kemudian tap “Pindahkan Ke SD Card”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

4. Pindahkan Foto, Musik, dan Video ke MicroSD

Selain memindahkan aplikasi, anda juga bisa memindahkan file atau data penting lainnya ke SD Card seperti dokumen, foto, gambar, musik, audio, video, dan lainnya. Dengan memindahkan sebagian file, setidaknya memori Internal tidak terlalu banyak dalam menyimpan data. 

5. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Apabila anda banyak menyimpan aplikasi atau game yang saat ini sudah tidak pernah anda mainkan, maka sebaiknya hapus saja sebagian aplikasi atau game tersebut. Biasanya game android banyak menyedot memori Internal, terlebih game dengan kualitas 3D. Dan untuk menghapus aplikasi, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Menghapus Aplikasi Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan  » Manajemen Aplikasi  » Cari “Nama Aplikasi”  » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

6. Factory Reset

Dan untuk yang terakhir, anda bisa mencoba melakukan Factory Reset atau mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik. Metode ini anda lakukan apabila semua metode diatas tidak bisa mengatasi masalah yang anda hadapi. Sebelum melakukan Factory Reset, pastikan anda mem-backup semua data yang tersimpan. Dan untuk melakukan Factory Reset, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Reset HP Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan  » Buat Cadangan dan Reset  » Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Jadi, dapat disimpulkan bahwa masalah "Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" terjadi karena memori internal yang sudah penuh dan tidak bisa menginstall aplikasi yang anda inginkan. Jadi, hal utama yang harus anda lakukan yaitu menghapus cache android dan memindahkan aplikasi yang terinstall di memori internal ke memori eksternal (kartu SD).

Baca Juga : 

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Masalah "Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

Sekian Artikel 6 Cara Mengatasi "Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" di Android

Sampailah kita pada akhir artikel 6 Cara Mengatasi "Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" di Android kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk sobat semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
sobat sekarang membaca artikel 6 Cara Mengatasi "Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" di Android dengan alamat link https://carasasaja.blogspot.com/2017/04/6-cara-mengatasi-cukup-ruang-pada.html

Comments