5 Cara Perbaiki Sayangnya Launcher Telah berhenti (Simpel)

5 Cara Perbaiki Sayangnya Launcher Telah berhenti (Simpel) - Halo Sobat Carasasaja, Pada Artikel yang sobat baca kali ini dengan judul 5 Cara Perbaiki Sayangnya Launcher Telah berhenti (Simpel), saya telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk sobat baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi artikel atau postingan Artikel Android, yang saya tulis ini dapat sobat pahami. baiklah, selamat membaca.


Judul : 5 Cara Perbaiki Sayangnya Launcher Telah berhenti (Simpel)
link : 5 Cara Perbaiki Sayangnya Launcher Telah berhenti (Simpel)

Baca juga


5 Cara Perbaiki Sayangnya Launcher Telah berhenti (Simpel)

Definisi Launcher pada HP... adalah sebuah aplikasi sistem Android, yang berfungsi untuk membuat user interface antara pengguna HP dengan sistem. Analoginya seperti ban pada sepeda. Tanpa ban, sepeda jadi tidak bisa dijalankan.

Tapi taulah yang namanya aplikasi Android.. Kadang suka error.. Apalagi kalau bicara soal masalah force close..

Termasuk aplikasi launcher.. Aplikasi launcher juga kadang suka force close. Dan ketika force close, aplikasi ini biasanya akan mengeluarkan pesan "Sayangnya launcher telah berhenti"...


Launcher telah terhenti

"Sayangnya launcher telah terhenti".. Walau mirip, masalah ini beda dengan system UI telah berhenti. launcher telah berhenti sebenarnya bukanlah masalah besar. Tapi kadang bikin repot..

Ketika launcher force close, biasanya aplikasi ini akan me-recovery / menjalankan ulang dirinya sendiri agar HP tetap bisa dipakai..

Yang jadi masalah itu kalau udah parah.. Launcher jadi sering berhenti sendiri, dan biasanya terjadi waktu pengguna mau masuk aplikasi.  

Walau bukan masalah besar, kalau nggak diperbaiki lama-lama launcher ini akan rusak. Karena tiap HP dipakai, HP bakal selalu menumpuk cache..

Efeknya?

HP bakal sering hang sob..


Nah, disini saya ingin membahas penyebab dan cara mengatasi "Sayangnya launcher telah berhenti" yang semoga bisa diterapkan di semua merk HP Android. Oppo, Vivo, ASUS, Xiaomi, Lenovo, Samsung, dan lain-lain..

Langsung saja, berikut caranya..


1. Bersihkan RAM


Aplikasi error force close itu rata-rata penyebabnya 1, RAM penuh. RAM yang penuh ini biasanya disebabkan karena sobat terlalu menginstall banyak aplikasi.. Apalagi kalau aplikasinya jenis yang berjalan di latar belakang (Background services).

RAM yang penuh ini juga bisa mengefek ke launcher.. Mengingat launcher adalah aplikasi yang selalu berjalan secara default saat HP baru dinyalakan..

..Endingnya muncul deh notice "Sayangnya launcher telah terhenti"..

Solusinya :

  • Uninstall aplikasi yang tidak diperlukan. Such as aplikasi chatting, browser, atau aplikasi-aplikasi cleaner.. Caranya Klik settings >> Apps >> Cari aplikasi yang mau dihapus disini

  • Kalau sobat HPnya sudah di root, sobat bisa pakai tweak-tweak tertentu buat management RAM. Supaya nambah lega RAMnya..


2. Clear cache HP


Next, cache HP.. Sobat pasti sudah tahu, kalau setiap HP dipakai, sistem akan selalu menyimpan file-file cache, yang berfungsi untuk mempercepat kinerja pada HP.

Fungsinya sih memang mempercepat kinerja, tapi file cache yang sudah menumpuk terlalu banyak kadang juga suka bikin HP error..

..Termasuk masalah launcher berhenti ini..


Cache pada HP ini dibagi 2, yakni cache pada aplikasi, dan cache pada sistem.. Pertama, bersihkan dulu cache pada sistem.. caranya :

  • Matikan HP terlebih dahulu,, >> Ketika HP sudah mati, nyalakan kembali dengan cara tekan Tombol power + volume up + volume down secara bersamaan untuk masuk ke recovery..
  • Setelah HP masuk ke recovery, silakan cari bagian cache partition dan dalvik cache.. Wipe kedua cache tersebut, kemudian restart..
 





Oh iya, tombol masuk recovery tiap HP itu beda-beda. Tombol masuk recovery yang saya contohkan diatas itu biasanya dipake HP merk Lenovo. Sedangkan merk HP lain seperti Samsung, ASUS, kombinasinya lain-lain lagi..

Ini list lengkapnya (Scrool kalau ga butuh) :


ASUS Zenfone

  • Ketika HP dalam keadaan mati, tekan tombol Volume UP dan Tombol Power. Tekan terus selama beberapa detik hingga HP masuk mode Fastboot.
  • Kemudian, silakan pakai tombol volume untuk navigasi dan tombol power untuk "Enter", lalu masuk ke mode Recovery.
 
 
Samsung

  • Ketika HP dalam keadaan mati, tekan tombol : Volume Up + Tombol Power + Tombol Home bersama-sama. Tunggu beberapa detik hingga masuk recovery mode.
  • Gunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol power untuk Enter.

Sony (Xperia)

  • Ketika HP dalam keadaan mati, nyalakan, dan sewaktu LED menyala, tekan Tombol Volume Up terus menerus sampai masuk ke dalam mode recovery.
  • Gunakan tombol volume untuk navigasi dan power untuk Enter ketika dalam mode recovery.
OPPO
 
  • Ketika HP dalam keadaan mati, tekan tombol Volume Down + tombol Power selama beberapa detik.
  • Gunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol power untuk Enter dalam mode recovery.

HTC

  • Ketika HP dalam keadaan mati, tekan Volume Down + Tombol Power. Di mode recovery, pakai tombol volume untuk navigasi dan tombol power untuk OK.

ACER

  • Tekan Tombol Volume Down dan tombol Power (Tekan bersamaan)
  • Kalau tidak bisa, coba tekan Volume Down + Camera + tombol Power.
  • Dalam recovery mode, gunakan tombol volume untuk navigasi dan Tombol Power Untuk enter.

LG

  • Tekan tombol Volume Up + Tombol Home + tombol power yang ditahan secara bersamaan.
  • Gunakan tombol power untuk enter dan tombol volume untuk navigasi.

LENOVO

  • Tekan dan tahan tombol Volume Down + Volume Up + Tombol Power hingga beberapa detik.
  • Dalam mode recovery, gunakan tombol Volume untuk navigasi dan Tombol power untuk OK.

XIAOMI

  • Tekan volume UP + Tombol power
  • Atau tekan volume down + tombol power
  • Navigasinya sama seperti HP-HP diatas..
     
 

3. Clear cache aplikasi launcher

 

Sama seperti sebelumnya. Kalau sebelumnya cara buat wipe cache sistem, cara ini dikhususkan untuk melakukan wiping cache langsung pada aplikasi launchernya.
Caranya :

  • Klik settings >> Buka Apps >> Tampilkan apps system / Geser ke apps system >> Cari Launcher >> Wipe cache / data launcher tersebut.
 



Launcher yang dipakai di HP bisa beda-beda namanya.. Contohnya ZenUI Launcher pada HP ASUS, atau Touchwiz UI pada HP samsung..

Jadi silakan cari dan sesuaikan..


4. Ganti launcher


Semua HP pasti ada launchernya. Launcher ini biasanya 'ditanam' langsung oleh pabrik ketika diinstall sistemnya. Tapi apa launcher bawaan bisa diganti? Ya tentu bisa..

Banyak sekali aplikasi-aplikasi launcher yang tersebar di Google Play Store. Malah, beberapa mungkin lebih bagus dari launcher bawaan sobat.


Launcher HP



Yang mana yang paling bagus? I don't know.. Tes aja satu persatu. Soalnya tampilan launcher juga berbeda-beda.. Jadi mesti di sesuaikan dengan selera..


5. Reset HP


Kalau masih ga bisa, baru deh ke langkah terakhir.. Reset.. Dengan reset, segala jenis error pada HP bakal hilang, asalkan bukan disebabkan karena komponen..

Tapi sebelum melakukan reset, silakan dipertimbangkan lagi.. Mengingat aplikasi-aplikasi yang terinstall bakal terhapus. Apalagi kalau ada App besar datanya semacam game..

Sebelum melakukan reset, pastikan juga data-data pada HP sudah tersimpan / terbackup dengan aman. Karena reset akan memformat memori internal nantinya.

Nah, cara resetnya :

  • Matikan HP >> Nyalakan lagi ke mode recovery (Cek lagi caranya diatas) >> Cari Wipe data / factory reset >> Reset
 

Reset


Penutup...

 

Demikian, tutorial cara mengatasi launcher telah berhenti.. Saya kira 5 cara simpel diatas sudah cukup efektif.. Soalnya jujur, 5 cara diatas adalah cara-cara yang paling sering saya pakai untuk mengatasi masalah launcher ini..

Sobat belum berhasil? Atau punya tips lainnya?

Silakan taruh di komentar bawah.. Kalau relevan pasti saya approve..

Semoga bermanfaat.. 


Sekian Artikel 5 Cara Perbaiki Sayangnya Launcher Telah berhenti (Simpel)

Sampailah kita pada akhir artikel 5 Cara Perbaiki Sayangnya Launcher Telah berhenti (Simpel) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk sobat semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
sobat sekarang membaca artikel 5 Cara Perbaiki Sayangnya Launcher Telah berhenti (Simpel) dengan alamat link https://carasasaja.blogspot.com/2018/05/5-cara-perbaiki-sayangnya-launcher.html

Comments