4 Cara Mengatasi “Sayangnya Proses android.process.media Telah Berhenti” di Android

4 Cara Mengatasi “Sayangnya Proses android.process.media Telah Berhenti” di Android - Halo Sobat Carasasaja, Pada Artikel yang sobat baca kali ini dengan judul 4 Cara Mengatasi “Sayangnya Proses android.process.media Telah Berhenti” di Android, saya telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk sobat baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi artikel atau postingan Artikel Android, Artikel Telah Berhenti, Artikel Tips & Trik, yang saya tulis ini dapat sobat pahami. baiklah, selamat membaca.


Judul : 4 Cara Mengatasi “Sayangnya Proses android.process.media Telah Berhenti” di Android
link : 4 Cara Mengatasi “Sayangnya Proses android.process.media Telah Berhenti” di Android

Baca juga


4 Cara Mengatasi “Sayangnya Proses android.process.media Telah Berhenti” di Android

NGAWI DIAN – Cara Memperbaiki “Unfortunately, the process android.process.media Has Stopped” di HP Android. Keunggulan Smartphone Android adalah mampu mengolah data dengan sangat mudah dan cepat. Interface yang simple dan keren membuat pengguna nyaman dalam mengoperasikan semua fitur yang ada pada perangkat Android.

Sayangnya Proses android.process.media Telah Berhenti

Baca Juga :

Semua aktifitas harian dapat dilakukan pada smartphone Android mulai dari mendengarkan musik, menonton video, chatting, telepon, internet-an, menyimpan foto, dokumen, dan lainnya. Namun sayangnya, ada saja pengguna yang mengeluh karena mengalami masalah pada beberapa aplikasi bawaan seperti galeri, kamera, kontak, penyimpanan, dan lainnya. Sering kali juga Sistem Android memunculkan pesan error bertuliskan “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” atau ““Unfortunately Apps Has Stopped”. Dan baru – baru ini juga muncul masalah baru bertuliskan “Sayangnya Proses android.process.media Telah Berhenti” atau “Unfortunately android.process.media Has Stopped”.

Masalah – masalah seperti itu terkadang memang susah untuk diatasi, tapi terkadang juga mudah untuk diatasi. Masalah yang saya bahas kali ini berhubungan dengan media penyimpanan, dan hal ini bisa terjadi pada semua merek smartphone android mulai dari Oppo, Asus Zenfone, Lenovo, Xiomi, HTC, LG, Motorola, Sony Experia, Samsung Galaxy, Smartfreen Andromax, Advan, dan lainnya. 

Cara Mengatasi Proses Media Terhenti Secara Tiba – Tiba

Kutipan dari beberapa member yang ada di Forum Android ternyata pesan pop up tersebut muncul bisa jadi akibat kesalahan dalam menyimpan file tertentu atau kesalahan dalam memindah file dari satu folder ke folder lain. Tidak hanya itu saja, kesalahan dalam mengunduh juga bisa menjadi penyebab proses media terhenti. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Simak metode atau tipsnya dibawah ini.

Step 1 : Hentikan Sinkronisasi Dengan Akun Google

Cara pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan menghentikan sinkronisasi antara android anda dengan akun Google. Cara ini anda lakukan supaya android lebih bebas dari Google dan tidak sepenuhnya terkoneksi dengan akun Google. Cara memutuskan sinkronisasi cukup mudah, simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka Menu Pengaturan » Akun » Google » Tap “Remove All The Ticks”.

Step 2 : Hapus Data 3 Aplikasi Penting Google

Setelah berhasil mengikuti step pertama, anda harus lanjut ke step kedua. Andaharus menghapus data Aplikasi Google Services Framework, Google Play Store, Media Storage, Dan Download Manager. Cara ini anda lakukan supaya semua aplikasi Google dapat kembali pada pengaturan default dan bersih dari file cache, temporary, history, dan basis data. Untuk menghapus data aplikasi sangatlah mudah, ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Unduhan » cari aplikasi Google Play Store, kemudian tap “Hapus Data”.
  • Lakukan hal yang sama pada Google Services Framework, kemudian tap “Hapus Data”.
  • Lakukan hal yang sama pada Media Storage, kemudian tap “Hapus Data” dan tap “Disable”.
  • Lakukan hal yang sama pada Download Manager, kemudian tap “Hapus Data” dan tap “Disable”.


Step 3 : Matikan Smartphone Android

Setelah berhasil menghapus semua data aplikasi, langkah selanjutnya yakni dengan mematikan smartphone android, mencabut baterai, SIM Card, dan SD Card. Diamkan selama beberapa menit supaya tidak ada daya yang masuk ke Android. Nyalakan kembali android anda dan lakukan cara berikutnya yakni dengan mengaktifkan kembali Aplikasi yang telah di “Disable” sebelumnya.

  • Enable Google Sync.
  • Enable Media Storage.
  • Enable Download Manager.

Step 4 : Factory Reset Smartphone Android

Apabila semua cara diatas tidak berhasil maka cara terakhir yang bisa anda lakukan yakni dengan mengembalikan smartphone Android ke Pengaturan Pabrik. Sebelum anda melakukan cara ini, pastikan anda membackup semua data di Android anda ke Komputer atau Laptop. Cara reset Android cukup mudah, silahkan ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka Menu Pengaturan » Buat Cadangan & Setel Ulang » Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Pilih “Reset Ulang Telepon”.


Jika dengan factory reset tidak berhasil maka terpaksa anda harus melakukan flashing ulang pada Android anda. Melakukan cara ini memang cukup sulit, karena anda harus mengunduh sistem Android yang ukurannya relatif besar. Jika anda merasa bingung, lebih baik bawa ke Service Center terdekat di kota anda.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi “Sayangnya Proses Android.Process.Media Telah Berhenti” Di Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

Sekian Artikel 4 Cara Mengatasi “Sayangnya Proses android.process.media Telah Berhenti” di Android

Sampailah kita pada akhir artikel 4 Cara Mengatasi “Sayangnya Proses android.process.media Telah Berhenti” di Android kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk sobat semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
sobat sekarang membaca artikel 4 Cara Mengatasi “Sayangnya Proses android.process.media Telah Berhenti” di Android dengan alamat link https://carasasaja.blogspot.com/2016/07/4-cara-mengatasi-sayangnya-proses.html

Comments