17 Fitur Unik dan Rahasia Milik Xioami Yang Pastinya Bermanfaat

17 Fitur Unik dan Rahasia Milik Xioami Yang Pastinya Bermanfaat - Halo Sobat Carasasaja, Pada Artikel yang sobat baca kali ini dengan judul 17 Fitur Unik dan Rahasia Milik Xioami Yang Pastinya Bermanfaat, saya telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk sobat baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi artikel atau postingan Artikel Tips dan Trik, yang saya tulis ini dapat sobat pahami. baiklah, selamat membaca.


Judul : 17 Fitur Unik dan Rahasia Milik Xioami Yang Pastinya Bermanfaat
link : 17 Fitur Unik dan Rahasia Milik Xioami Yang Pastinya Bermanfaat

Baca juga


17 Fitur Unik dan Rahasia Milik Xioami Yang Pastinya Bermanfaat

Fitur Unik Rahasia Xiaomi - Indonesia merupakan salah satu negara yang paling banyak menggunakan Xiaomi. Tahukah kalian, bahwa selain terjangkau xiaomi juga memiliki fitur-fitur unik dan rahasia. Banyak orang yang tidak tahu mengenai fitur-fitur ini.

Pada kesempatan kali ini xiaomiku mencoba untuk mengulas fitur-fitur yang dimiliki xiaomi tersebut. Daftar fitur yang akan kami ulas ini akan membantu untuk meningkatkan performa ponsel xiaomi kalian saat digunakan.
daftar fitur keren dan rahasia xiaomi
Add caption

Salah satu fitur unik xiaomi yaitu fitur Child Mode. Seperti namanya, Child Mode atau dapat diartikan mode anak yaitu fitur yang digunakan untuk membatasi akses aplikasi. Jadi saat ponsel kalian dipegang oleh anak yang masih dibawah umur, kalian bisa membatasi aplikasi apa saja yang dapat diakses oleh anak tersebut. Keren kan?

Fitur ini hadir di MIUI 7 dan diklaim merupakan fitur pertama yang hadir di smartphone. Untuk menggunakannya cukup mudah. Kalian tinggal pergi ke "Setting" kemudian pilih "Child Mode" lalu aktifkan.

Nah, itu baru satu fitur unik dan rahasia milik xiaomi. Lalu masih ada fitur unik dan rahasia lainnya? Tentu saja masih ada. Berikut adalah ulasan xiaomiku mengenai kumpula fitur unik dan rahasia yang dimiliki oleh xiaomi:

1. Xiaomi Didukung dengan Jutaan Tema Gratis

Sudah tidak diragukan lagi kalau xiaomi dalam tampilan. Hal ini ditunjukkan dengan dukungan tema gratis yang oleh xiaomi. Kalian bisa mengganti "Tema" ponsel sesuai dengan suasan hati, karakter, atau selera kalian saat ini. 

Selain mengganti tema, kalian juga dapat memili bentuk ikon, bentuk font, dan lain sebagainya. Apabila kalian suka untuk mendesain tema kalian sendiri tidak ada salahnya kalian mendaftar theme miui untuk mengunggah hasil tema kalian. MIUI Designer adalah akun yang digunakan para pembuat tema xiaomi. Kalian disana dibebaskan untuk menggunakan tema dan font dari pihak ketiga tanpa rooting. Jadi, kalian bisa memasang file.mtz yang kalian unduh dari manapun. 

Apabila kalian sedang mencari tema dan tema yang kalian suka berbayar alias tidak gratis. Kalian bisa mengikuti cara agar tema xiaomi berbayar jadi gratis. Silahkan kalian ikuti dan kalau masih bingung, tanya aja di kolom komentar.

2. Aktifkan Fitur Dual Apps untuk Gandakan Aplikasi Kalian

Banyak orang yang mengidam-idamkan fitur ini. Fitur Dual Apps sendiri adalah fitur yang dapat kalian gunakan untuk menggandakan atau bahasa kerennya meng-clone aplikasi yang kalian install dalam satu ponsel. Fitur bawaan ini hanya tersedia di smartphone merk xiaomi. Untuk merk lain masih menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Apabila kalian memiliki dua akun "Whatsapp" dan ingin menggunakan secara bersamaan. Silahkan kalian lakukan dual apps pada aplikasi "Whatsapp" tersebut. Namun, sayangnya fitur ini hanya dapat dinikmati pada pengguna xiaomi MIUI 8. Untuk pengguna MIUI versi dibawahnya harus melakukan update terlebih dahulu.

Cara Menggunakan Fitur Dual Apps milik Xiaomi
  1. Pertama, silahkan buka "Settings" --> "Dual Apps".
    langkah 1 mengaktifkan fitur dual apps xiaomi
  2. Kemudian pilih aplikasi yang ingin diclone dengan menggeser tombol di sebalah kanan aplikasi.
    langkah 2 mengaktifkan fitur dual apps xiaomi
    langkah 2 mengaktifkan fitur dual apps xiaomi
  3. Tunggu proses clone aplikasi selesai.
  4. Apabila proses clone telah selesai silahkan cek di home screen kalian.
    langkah 2 mengaktifkan fitur dual apps xiaomi
  5. Silahkan login masing-masing akn di aplikasi tersebut.
  6. Selesai.

3. Ternyata Home Screen Xiaomi dapat Dipercantik dengan Mudah

Xiaomi memberikan kemudahan pengguna dalam melakukan kustom tampilan apalagi tampilan Home Screen. Home Screen ponsel xiaomi kalian dapat kalian percantik dengan mudah dan tanpa perlu menginstall aplikasi tambahan.

Kalian hanya memerlukan beberapa langkah agar tampilan Home Screen semakin indah, cantik, dan elegan. Dengan tampilan yang fresh akan menghilangkan kebisanan kalian dalam melihat ponsel kalian.

Cara Mempercantik Home Screen Xiaomi
  1. Pertama, cubit layar ponsel xiaomi kalian.
  2. Kemudian akan muncul menu kostumisasi yang dapat kalian gunakan.
  3. Pilih "Thema".
  4. Kemudian ada wiget yang bisa kalian tambahkan.
  5. Kalian juga bisa mnegatur wallpape sesuai selera.
  6. Kemudian ada efek transisi juga yang dapat kalian atur sesuai selera.
  7. Selesai.

4. Lebih Interaktif dengan Mengaktifkan Mode Lite Xiaomi

Fitur Mode Lite adalah mode yang digunakan untuk pengguna baru xiaomi. Mode ini akan membuat tampilan ponsel menjadi lebih sederhana, mudah diakses, dan lebih mudah untuk dipelajari. Tampilan Mode Lite mirip dengan Metro UI Style milik Windows Phone.

Sedang belajar Android ? Jangan salahnya kalian manfaatkan mode ini.

Cara Mengaktifkan Mode Lite Xiaomi
  1. Pertama, silahkan pergi ke "Settings" --> pilih "Lite Mode".
  2. Selanjutnya aktifkan dan ponsel kalian akan restart.
  3. Apabil sudah menyala, maka lihat Mode Lite sudah aktif di ponsel xiaomi kalian.
  4. Selesai.

5. Gunakan Xiaomi dengan Satu Tangan lewat Fitur One Hand Mode

Fitur One Hand Mode adalah fitur yang dapat kalian gunakan untuk mempermudah pengguna dalam menjangkau seluruh layar ponsel cukup dengan satu tangan. Karena pada dasarnya kebanyakan ponsel Android mengusung ukuran layar yang cukup lebar, sehingga sulit untuk menjangkau semua layar dengan satu tangan. Namun, dengan adanya fitur ini masalah kalian akan teratasi. 

Cara Menggunakan One Hand Mode Xiaomi
  1. Silahkan kalian pergi ke "Settings".
  2. Kemudian pilih menu One Hand Mode.
  3. Kemudian atur lebar layar sesuai denan keinginan kalian.
  4. Apabila sudah selesai mengatur, sekarang kalian dapat mengaktifkannya.
  5. Untuk mengaktifkannya, kalian tinggal geser layar ke kiri atau ke kanan tiga tombol yang berada di Home Screen yaitu tombol Recent App, Home, dan Back. Maka secara otomatis layar xiaomi kalian akan mengecil.
  6. Selesai.

6. Canggih, Xiaomi memiliki Second Space atau Ruang Kedua

Second Space atau artinya ruang kedua adalah fitur yang disediakan oleh xiaomi untuk membuat ruang lain di dalam satu ponsel xiaomi. Dengan mode ini kalian bisa mengkustom sendiri, aplikasi apa saja yang dapat ditampilkan di ruang kedua tersebut.

Mode ini sangat berfungsi sekali untuk membantu kalian dalam menjaga keamanan data rahasia. Sebenarnya ini hampir mirip dengan Child Mode dan Dual Apps. Namun, fitur ini memiliki perbedaan dimana kalian bisa mengatur space untuk ROM secara keseluruhan.

Cara Mengaktifkan Second Space atau Ruang Kedua
  1. Pertama, masuk ke "Settings".
  2. Kemudian cari menu Second Space atau Ruang Kedua.
  3. Kemudian pilih "Create Second Space"
  4. Lalu atur besaran space sesuai keinginan kalian.
  5. Tunggu hingga proses pembuatan selesai.
  6. Sekarang kamu dapat menggunaakn second space kalian.

7. Rapat? Aktifkan Fitur Mode "Jangan Ganggu"

Salah satu lagi fitur unik xiaomi yang dimiliki xiaomi. Fitur ini disediakan untuk pengguna yang benar-benar tidak ingin diganggu. Sebenarnya hampir sama dengan mode "Hening" atau mode "Pesawat". Namn disini kalian dapat mengatur sendiri batasannya. Mode ini dapat mengatur seperti:
  • Mengheningkan ponsel xiaomi
  • Ponsel tidak bisa menerima telpon/sms
  • Bisa membuat nomor kontak mana saja yang tetap bisa diterima oleh kalian
Cara Mengaktifkan Mode "Jangan Ganggu"
  1. Pertama, pergi ke "Settings".
  2. Kemudian pilih menu "Do Not Disturb".
  3. Sekarang atur sendiri pengaturan sesuai kebutuhan kalian.
  4. Selesai.

8. Xiaomi memiliki Fitur Permission

Fitur Permission adalah fitur yang digunakan memberikan ijin akses, aplikasi mana yang diprioritaskan untuk berjalan atau disembunyikan, aplikasi mana yang diperbolehkan berjalan di background, dan lain-lain yang berhubungan dengan ijin aplikasi.

Dengan menggunakan fitur ini, kalian dapat memprioritaskan jalannya aplikasi. Semisal kalian tidak mengizinkan aplikasi BBM untuk berjalan di background app. Maka, kalian tidak akan menerima notifikasi kalau ada pesan masuk. Dan di akun pengirim, chat yang dikirim juga dalam tanda checklist tidak terkirim. Dengan fitur ini kalian dapat menghemat konsumsi RAM.

Cara Mengaktifkan Fitur Permission
  1. Pertama, buka "Security".
  2. Kemudian pilih "Auto Start".
  3. Lalu checklist pada aplikasi yang kalian beri ijin untuk berjalan di background.
  4. Kemudian pilih "Back" dan pilih "Permission".
  5. Pilih aplikasi mana saja yang kalian beri akses.
  6. Selesai.

9. Baterai Cepat Habis, Atasi dengan Fitur Battery Saver

Banyak cara pengguna ponsel xiaomi untuk menghemat penggunaan baterai. Kami juga pernah membahasnya pada 12 tips menghemat baterai xiaomi. Tapi tahukah kalian? ternyata xiaomi sudah mempunyi fitur battery saver bawaan. Jadi, kalian tidak perlu menginstall aplikasi tambahan. 

Fitur battery save milik xiaomi diklaim memiliki kelebihan karena pihak xiaomi sendiri menggandeng Clean Master dalam pembuatannya. Clean Master adalah aplikasi yang sudah dikenal banyak oleh pengguna smartphone. Aplikasi bekerja sanga baik dan lumayan efektif seperti pemberihan cache, memblikir ads, manage browssing history, deep clean , virus scanning, dan lainnya. Jika kalia penarasa, silahkan kalian coba sendiri fitur ini di xiaomi kalian.

10. Transfer Data dengan Mi Mover
Fitur Mi Mover adalah fitur yang digunakan untuk transfer data. Sebenarnya fitur ini hampir mirip dengan SHAREit, baik dalam fungsi maupun dalam kegunaan. Sebelumnya kami juga pernah membahas tutorial kirim file shareit lengkap. Fitur ini juga memiliki opsi "Sender" dan "Receiver" sama kan dengan SHAREit.

Cara Menggunakan Mi Mover
  1. Pertama, buka "Settings">
  2. Kemudian pilih "Additional Settings".
  3. Kemudian scroll paling bawah di menu tersebut.
  4. Disana kalian akan lihat fitur Mi Mover.

11. Fitur Quick Ball, Fitur Baru yang Hadir di MIUI 8

Untuk pengguna Iphone pasti pernah menemukan fitur ini. Yap, fitur QuickBall adalah fitur yang digunakan sebagai jalan pintas yang dapat menjalankan aplikasi lain. Jadi, di layar kalian akan ada tombol bulat apabila di klik, maka muncul aplikasi lainnya. Namun, fitur ini baru dapat kalian nikmati di MIUI 8.
fitur quick bal xiaomi
Cara Mengaktifkan Quick Ball Xioami
  1. Pertama, silahkan masuk ke "Settings".
  2. Kemudian pergi ke "Additional Settings".
  3. Dan pilih "Quick Ball"
  4. Atur aplikasi mana saja yang ingin dijadikan jalan pintas.
  5. Selesai.

12. Fitur Long Screenshot Ada di MIUI 8

Yap, ini fitur baru xiaomi yang hadir di MIUI 8. Fitur Long Screenshot adalah fitur yang dapat kalian gunakan untuk mengambil screenshot secara panjang dari layar.

Cara Mengakifkan Long Screenshot Xiaomi
  1. Pertama, silahkan kalian masuk ke layar yang ingin kalian screenshot.
  2. Kemudian tekan dan tahan tombol "Volume Down" dan "Power". Atau kalian bisa membaca cara mengambil screenshot xiaomi.
  3. Setelah itu hasil screenshot akan muncul pada layar bagian kiri dan klik screenshot tersebut selama 5 detik-an.
  4. Setelah itu akan muncul pilihan "Extend", "Edit", dan "Send" dan pilih "Extend".
  5. Setelah scroll kebawah terus layar yang ingin kita ingin screenshot dan klik "Stop" atau "Done" jika screenshot kalian sudah cukup.
  6. Selesai.

13. Kalkulator yang dilengkapi Currency Converter, Length Converter, Area Converter, Volume Converter, Temperatur Coverter, Time Converter dan Mass Converter

Untuk pertama kalinya, ponsel Android memiliki konver mata uang bawaan ya di xiaomi. Fitur ini sangat membantu sekali untuk kalian yang hobi travelling ke luar negeri. Fitur ini hadir di MIUI 8. Jadi, kalian bisa menkonversi mata uang rupiah ke dalam dollar, yuan, dan yen.
macam-macam konverter kalkulator xiaomi
Selain konverter mata uang, kalian juga dapat mengkonversi panjang, area, volume, suhu, waktu, dan massa/berat. Kalian semua bisa dapatkan hanya dengan menggunakan MIUI Calculator. Kalian bisa mendapatkan informasi reviewnya di aplikasi kalkulator xiaomi.

Cara Menggunakan MIUI Calculator
  1. Kalian tinggal buka "Kalkulator" di xiaomi.
  2. Kemudian pilih pojok kiri atas, ada ikon empat titik.
    kalkulator xiaomi dilengkapi konverter
  3. Tap di ikon tersebut. 
  4. Dan tingal pilih konverter mana yang ingin kalian pakai.
  5. Selesai.

13. Edit Gambarmu dengan Image Editor

Sekarang kalian akan dimanjakan saat mengedit gambar. Tanpa harus menginstall aplikasi tambahan, kalian bisa mengedit gambar kalian sendiri dengan sesuka hati. 

Cara Mengedit Gambar dengan Image Editor Xiaomi
  1. Pertama, buka "Galeri" kalian.
  2. Kemudian buka gambar atau foto yang ingin kalian edit.
  3. Kemudian tap dan pada bagian bawah akan muncul menu tambahan.
  4. Pilih "Edit".
    cara edit foto xiaomi
  5. Edit gambar kalian lalu simpan.
  6. Selesai.

14. Edit Video dengan Video Editor Xioami

Pada MIUI 8 ini kembali menghadirkan fitur baru berupa video editor. Untuk kalian yang suka menngedit video, tidak perlu lagi menginstall aplikasi tambahan.  Pada editor video miliki xiaomi ini kalian dapat mengedit video seperti memoting video, memberi efek, bahan bisa menambah kata-kata pada video.

Cara Mengedit Video menggunakan Editor Bawaan Xiaomi
  1. Pertama, kalian buka menu "Galeri".
  2. Kemudian pilih "Video" yang ingin kalian edit.
  3. Lalu pilih "Edit".
    cara edit video di xiaomi
  4. Silahkan edit video sesuai keinginan kalian.
  5. Kemudian simpan.
  6. Selesai.

15. Transfer File Lebih Cepat dengan MI Drop

Selain MI Mover, xiaomi juga menyediakan MI Drop. Sebnarnya fungsinya hampir sama dengan MI Mover yaitu aplikasi bawaan xiaomi yang digunakan untuk mentransfer data lebih cepat ke pengguna xiaomi lain. Fitur ini tersedia di MIUI versi 8.

Cara Menggunakan MI Drop Xiaomi

  1. Pertama, buka "Galeri" kalian.
  2. Kemudian cari file yang ingin ditransfer.
  3. Kemudian tekan dan tahan file tersebut dan akan muncul piluhan "Send".
  4. Setelah itu pilih "MI Drop".
    cara menggunakan mi drop
  5. Lalu MI Drop akan mencari device lain yang mengaktifkan MI Drop disekitar.
  6. Lalu pilih MI Drop penerima.
  7. Tunggu hingga proses transfer selesai.

16. Monitoring Penggunaan Data dan Scan Ponsel dengan Virus Scanner.

Paket data kalian tiba-tiba habis? Tenang sekarang kalian dapat memonitoring penggunaan data kalian. Karena xiaomi telah menghadirkan fitur "Data Usage". Sehingga dengan fitur tersebut kalian bisa mengontrol penggunaan data kalian.

Cara Mengaktifkan Data Usage Xiaomi

  1. Kalian masuk ke aplikasi "Security
  2. Kemudian pada menu pilih "Data Usage"

cara menggunakan data usage
Disana akan terpantau pemakaian data pada aplikasi-aplikasi di ponsel kalian.
penggunaan data aplikasi xiaomi
Lihat Juga:
[SHARE] Pengamalan Cara Unlock Bootloader Xiaomi 5 Menit
Selain data usage, kalian juga dapat menikmati fitur Virus Scanner. Fitur ini juga terdapat di aplikasi Security milik Xiaomi. Kalian dapat memastikan apakah ada virus atau tidak.

Cara Menggunakan Virus Scanner Xiaomi

  1. Buka aplikasi "Security".
  2. Kemudian pada menu pilih "Virus Scan"
  3. Lakukan scan dengan tekan tombol "Scan".
    cara scan hp xiaomi
  4. Tunggu proses scanning virus selesai.

17. Fitur Keren Auto ON/OFF Ponsel Xiaomi

Fitur keren xiaomi yang terakhir ini adalah fitur auto on dan off. Jadi kalian bisa menghidupkan dan mematikan ponsel xiaomi kalian secara otomatis. Keren banget kan?

Fitur ini dinilai xiaomiku merupakan fitur yang paling keren diantara lainnya. Kalau menurut kalian?

Cara Mengaktifkan Auto ON/OFF Ponsel Xiaomi

  1. Masuk ke aplikasi "Security".
  2. Kemudian pilih "Battery" --> "Battery Saver"
  3. Lalu aktifkaan "Schedule time to switch between modes"
  4. Atur jam ponsel hidup dan mati.
    cara mengatur auto on off xiaomi
  5. Kemudian coba apakah fitur sudah berjalan.

Gimana menurut kalian fitur-fitur unik dan keren xioami diatas ? Fitur diatas pastinya kalian temukan di ponsel xiaomi. Tapi, perhatikan ya xiaomi kalian menggunakan versi MIUI berapa. Untuk fitur MIUI 8 tidak dapat kaian temuka di MIUI 7. Kalau fiitur MIUI 7 bisa kalian nikmati di MUI 8.

Baca Juga:


Demikian adalah fitur-fitur unik dan rahasia xiaomi yang dapat kami ulas untuk MiFanss. Semoga ulasan diatas dapt bermanfaat dan membantu kalian dalam meningkatkan performa ponsel. Sekian dari xiaomiku dan jangan lupa untuk bagikan artikel ini kalau menurut kalian artikel ini bermanfaat. Terima kasih dan see you next time.

Sekian Artikel 17 Fitur Unik dan Rahasia Milik Xioami Yang Pastinya Bermanfaat

Sampailah kita pada akhir artikel 17 Fitur Unik dan Rahasia Milik Xioami Yang Pastinya Bermanfaat kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk sobat semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
sobat sekarang membaca artikel 17 Fitur Unik dan Rahasia Milik Xioami Yang Pastinya Bermanfaat dengan alamat link https://carasasaja.blogspot.com/2018/05/17-fitur-unik-dan-rahasia-milik-xioami.html

Comments